JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri

Meilani Agustin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maman Fathurrohman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin Jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran yang belum tepat pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terutama pada materi perbandingan trigonometri. Oleh karena itu, pada penelitian ini diterapkanlah model pembelajaran LAPS – Heuristik untuk melihat apakah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Kota Serang dengan subjek penelitiannya adalah kelas X1 (kelas eksperimen) jumlah 31 siswa dan X6 (kelas control) jumlah 34 siswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 16,147 dengan t tabel = 1,988 maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran LAPS – Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...