Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas awal tidak hanya berfokus pada pengetahuan faktual, tetapi juga pada pengembangan nilai-nilai kehidupan yang penting bagi pertumbuhan holistik siswa. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan hasil studi literatur tentang pendekatan dan metode yang efektif dalam mengenalkan nilai-nilai kehidupan melalui pembelajaran IPS di kelas awal. Melalui analisis terhadap berbagai sumber literatur, artikel ini menyajikan temuan mengenai metode-metode yang efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan ke dalam kurikulum IPS. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya peran guru dalam memfasilitasi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai tersebut melalui pendekatan yang relevan dan menarik. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya pendekatan yang holistik dalam pendidikan IPS di kelas awal untuk mempersiapkan siswa menjadi warga yang bertanggung jawab dan beretika dalam masyarakat. Dengan memperkuat pemahaman dan penghayatan nilai-nilai kehidupan sejak dini, diharapkan bahwa siswa akan mampu menghadapi berbagai tantangan sosial dan moral di masa depan dengan sikap yang bijaksana dan berempati.
Copyrights © 2024