Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning atau PBL) telah menjadi pendekatan yang semakin populer dalam konteks pendidikan modern. Dalam konteks pendidikan sekolah dasar penggunaan PBL menjadi semakin penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong eksplorasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peran siswa dalam proses pembelajaran PBL di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 25/IV Kota Jambi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI dan guru kelas. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dari partisipan yang terlibat dalam pembelajaran PBL. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik Milles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan untuk mengungkap peran siswa dalam pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukkan variasi peran siswa yang mencakup inisiasi diskusi, penentu dan pemecah masalah, kolaborasi dalam pemecahan masalah, refleksi terhadap pembelajaran, dan penggunaan sumber daya tambahan serta penyampaian hasil diskusi.
Copyrights © 2024