JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Bangun Ruang Rumus Simulasi 3D) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 060858 Durung

Telaumbanua, Ina Annafi’ah (Unknown)
Abdillah, Aulia (Unknown)
Laili, Ramadhani (Unknown)
Hutahean, Debora Falensia (Unknown)
Purba, Nia Febrianty (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi dalam bentuk simulasi 3D bangun ruang rumus dan dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas 5 di SDN 060858 Durung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi (bangun ruang rumus simulasi 3D) memiliki dampak positif terhadap minat belajar siswa kelas 5 SDN 060858 Durung. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran pendekatan kualitatif. Selain itu, siswa-siswa dalam kelompok juga menunjukkan tingkat keaktifan yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi, khususnya simulasi 3D bangun ruang rumus, dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5. Media pembelajaran berbasis aplikasi mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Direkomendasikan agar guru-guru dan institusi pendidikan lebih memanfaatkan teknologi media pembelajaran berbasis aplikasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...