JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Manfaat, Tantangan, dan Strategi Optimalisasi

Khairunnisa, Aghnia (Unknown)
Tatang, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Aplikasi Wordwall merupakan alat evaluasi digital yang semakin populer digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan dalam menggunakan Wordwall sebagai media evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, menyediakan umpan balik langsung, dan memfasilitasi penilaian formatif. Namun, terdapat pula tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kemampuan digital yang bervariasi, dan kebutuhan untuk mengintegrasikan evaluasi digital dengan praktik pengajaran tradisional. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana Wordwall dapat dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran bahasa Arab serta strategi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Temuan ini bermanfaat bagi guru, instruktur, dan pemangku kepentingan dalam merancang dan mengimplementasikan evaluasi digital yang bermakna dan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...