JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Perkembangan PAUD di Jawa Barat: Memanfaatkan Big Data untuk Meningkatkan Kualitas di Raudhatul Athfal

Irika Widiasanti (Universitas Negeri Jakarta)
Amanda Fitri Astari (Universitas Negeri Jakarta)
Anjali Indriyanti Putri (Universitas Negeri Jakarta)
Asri Juwita Sari (Universitas Negeri Jakarta)
Dela Widiastuti (Universitas Negeri Jakarta)
Septiana Elfrida Sihotangi (Universitas Negeri Jakarta)
Zia Rizki Amalia (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, guru dituntut juga untuk mengembangkan kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi guna mengembangkan karakter siswa di RA pada era digital ini. Namun, pada pelaksanaannya masih banyak dijumpai guru yang kurang menguasai teknologi dalam pemanfaatannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan informasi dalam meningkatkan kualitas di Raudhatul Athfal (RA) di Jawa Barat dengan memanfaatkan Big Data. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi memberikan peluang besar di dunia pendidikan, namun juga menimbulkan tantangan terhadap kualitas guru dan akses terhadap sumber daya pembelajaran yang memadai. Sehingga perlunya peningkatan profesionalisme guru sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas atau mutu layanan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Profesionalisme guru akan berpengaruh pada sumber daya pembelajaran yang relevan dan mutakhir serta sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...