Seiring berkembangnya teknologi, guru dituntut juga untuk mengembangkan kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi guna mengembangkan karakter siswa di RA pada era digital ini. Namun, pada pelaksanaannya masih banyak dijumpai guru yang kurang menguasai teknologi dalam pemanfaatannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan informasi dalam meningkatkan kualitas di Raudhatul Athfal (RA) di Jawa Barat dengan memanfaatkan Big Data. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi memberikan peluang besar di dunia pendidikan, namun juga menimbulkan tantangan terhadap kualitas guru dan akses terhadap sumber daya pembelajaran yang memadai. Sehingga perlunya peningkatan profesionalisme guru sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas atau mutu layanan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Profesionalisme guru akan berpengaruh pada sumber daya pembelajaran yang relevan dan mutakhir serta sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024