JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Stakeholder dalam Perencanaan Pembelajaran di MI

Nadlir, Nadlir (Unknown)
Trisnawa, Vindy Agung (Unknown)
Firdaus, A. Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Latarbelakang dari penilitian ini adalah kurangnya keterlibatan stakeholder dalam perencanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni membahas lebih detail mengenai seberapa berperannya stakeholder dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang efektif dan relevan. Metode yang digunakan adalah Library Research atau kajian pustaka yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber pustaka seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lainnya yang sudah ada sebelumnya. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah tentang peran kepala sekolah dalam menyusun perencanaan pembelajaran sebab bermutunya suatu sekolah tergantung kinerja kepala sekolah dalam merancang ataupun mengonsep pembelajaran. Peran Waka Kurikulum dalam perecanaan pembelajaran memastikan bahwa kurikulum dikembangkan secara terus-menerus dan proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Peran guru dalam perencanaan pembelajaran yakni melaksanakan pembelajaran dengan berdasarkan pada perencanaan pembelajaran untuk membentuk karakter siswa. Peran dari stakeholder tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu baik untuk peserta didik maupun lembaga pendidikan sendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...