Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan media scrabble terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 Tahun di TK Manggarupi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 anak. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 22 anak, 11 anak kelompok ekperimen, 11 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak yang diberi perlakuan permainan media scrabble pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 11,91, sedangkan pada kelompok kontrol 8,91. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,5 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan media scrabble memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di TK Manggarupi.
Copyrights © 2024