JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Tantangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keberagaman Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Studi Kasus di SD Negeri 024868 Binjai

Putri, Anisa (Unknown)
Hutabarat, Daniel Fransisto (Unknown)
Sitohang, Sri Rejeky (Unknown)
Siburian, Tesa Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kajian dalam konteks pendidikan nasional yang memiliki peran strategis bagi pembentukan karakter bangsa di tengah heterogenitas masyarakat Indonesia. Terdapat Tantangan dalam pembelajaran PPKn bisa berasal dari beragam faktor, mulai dari kompleksitas materi yang terkadang sulit dipahami oleh siswa, hingga kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.Metode Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada pada objek penelitian. Hasil pembahasan penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan angket yang penulis lakukan pada tanggal 23 April 2024 di kelas 5 SD Negeri 024868 mendapatkan hasil bahwa dari 18 orang peserta didik yang melakukan pengisian angket terdapat 12 peserta didik yang memahami keberagaman yang ada di Indonesia tetapi belum menerapkan nilai-nilai moral keberagaman di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...