Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kajian dalam konteks pendidikan nasional yang memiliki peran strategis bagi pembentukan karakter bangsa di tengah heterogenitas masyarakat Indonesia. Terdapat Tantangan dalam pembelajaran PPKn bisa berasal dari beragam faktor, mulai dari kompleksitas materi yang terkadang sulit dipahami oleh siswa, hingga kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.Metode Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada pada objek penelitian. Hasil pembahasan penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan angket yang penulis lakukan pada tanggal 23 April 2024 di kelas 5 SD Negeri 024868 mendapatkan hasil bahwa dari 18 orang peserta didik yang melakukan pengisian angket terdapat 12 peserta didik yang memahami keberagaman yang ada di Indonesia tetapi belum menerapkan nilai-nilai moral keberagaman di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis.
Copyrights © 2024