JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perancangan Model Antrian Pada Pengambilan Toga di FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Sahnia Uli Silitonga (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek)
Liza Efriyanti (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek)
Supratman Dzakir (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek)
Riri Okra (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Sistem antrian saat pembagian toga di UIN Sjech Djamil Djambek Bukittinggi dianggap kurang efisien dan efektif karena terdapat antrian yang padat antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah model antrian pengambilan toga untuk mahasiswa guna meningkatkan kinerja sistem antrian secara lebih efisien dan efektif. Proses perancangan simulasi antrian ini menggunakan metode pemodelan simulasi antrian. Hasil penelitian simulasi antrian pada tanggal 29 Agustus 2023 menunjukkan nilai AQT = 56,15 detik; Ws = 56,80 detik; Lq = 86 orang; L = 87 orang; dan RIT = 0,007 detik. Sementara pada tanggal 30 Agustus 2023, proses sistem antrian pengambilan toga menghasilkan nilai AQT = 22 detik; Ws = 22,58 detik; Lq = 37 orang; L = 38 orang; dan RIT = 0,01 detik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa proses sistem antrian pengambilan toga mahasiswa di FTIK masih kurang efektif. Oleh karena itu, disarankan untuk menambah jumlah petugas layanan, melakukan pengaturan jadwal pengambilan toga, dan melakukan perubahan pada sistem layanan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...