JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Pembelajaran IPS dalam Pengembangan Karakter Siswa SD Kelas Awal

Nafisa, Divaliya (Unknown)
Tsalisa, Haifa Hafsah (Unknown)
Yusuf, Zahra Aulia (Unknown)
Putri, Zahra Imelda (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan proses pendidikan yang mengkaji berbagai aspek sosial, seperti ekonomi, sosiologi, sejarah, antropologi, geografi, dan ilmu politik. Artikel ini mengeksplorasi peran pembelajaran IPS yang tidak hanya mengajarkan tentang pengetahuan akademik, namun juga membentuk suatu karakter siswa. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui peran penting pembelajaran IPS dalam pengembangan karakter siswa SD kelas awal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk memahami, menjelaskan, dan menggambarkan fenomena dalam konteks lebih mendalam. Metode ini berkaitan dengan pengumpulan data yang bersifat deskriptif, dengan menganalisis jurnal-jurnal yang sudah ada menggunakan metode studi literatur jurnal. Hasil yang didapat yaitu bahwa pembelajaran IPS sangat penting untuk mendorong dan membentuk karakter siswa dalam proses perkembangannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...