JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA

Ariska, Silvia (Unknown)
Aini, Syamsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Bahan ajar sebagai penunjang dalam proses pembelajaran pada era teknologi saat ini sesuai kharakter peserta didik bisa berupa e-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis problem based learning pada materi larutan penyangga serta mengetahui tingkat validitas dan praktikalitasnya dengan model 4-D. Penelitian yang digunakan berjenis Research and Development (R & D). Bahan ajar E-LKPD di validisi 3 orang dosen FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 7 Padang. Hasil dari validitas di analisis menggunakan rumus Aiken’s V diperoleh rata-rata 0,873 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan yang dilakukan kepada guru dan peserta didik mendapatkan hasil 0,91 dan 0,893 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan berdasarkan hasil dari validasi dan praktikalitas bahan ajar bisa menjadi alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran pada materi larutan penyangga dan dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep dan memahami materi larutan penyangga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...