Model pembelajaran sangat penting untuk disesuaikan dengan pembelajaran, apabila model pembelajaran tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik, materi pembelajaran dan kondisi selama pembelajaran akan membuat hasil belajar peserta didik tidak tuntas. Banyak sekali sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga membuat peserta didik mudah bosan, tidak fokus akhirnya membuat hasilnya tidak tuntas karena tidak dapat memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun datar di SD Negeri Sawah Besar 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitiannya yaitu eksperimen semu atau quasi eksperimen design. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang mempunyai t hitungnya yaitu 19.991 karena Df=n-k atau Df= 28-2 maka jumlah totalnya yaitu 26 sehingga nilai t tabelnya sebesar 1,705. Sehingga dari penghitungan uji test di atas terdapat t hitung sebesar 19,991 > t tabel yaitu 1,705. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika dengan materi pembelajaran bangun datar di SD Negeri Sawah Besar 01.
Copyrights © 2024