JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Eksistensi Tradisi Kenduri Padiang di Desa Semerap Kabupaten Kerinci

Hermazea, Shindia (Unknown)
s, Nurman (Unknown)
Bakhtiar, Yusnanik (Unknown)
Sari, Oktaviani Puspita (Unknown)
Saputra, Kiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman masyarakat mengenai tradisi Kenduri padiang di Desa Semerap, Kabupaten Kerinci, yang disebabkan oleh kurangnya upaya sosialisasi dari tokoh adat setempat. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dimana data diperoleh dari hasil studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian, dan interpretasi data. Adapun hasil penelitian pertama nilai-nilai dalam tradisi Kenduri padiang antara lain nilai religius, yang terlihat dalam praktik-praktik doa dan ritual yang dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah, nilai gotong royong yang tercermin dari masyarakat yang berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan acara, nilai musyawarah juga turut berperan dalam pengambilan keputusan terkait penyelenggaraan tradisi Kenduri padiang. Kedua upaya untuk melestarikan tradisi Kenduri padiang dilakukan melalui berbagai cara. Sosialisasi, seminar, pertemuan adat, dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menjadi sarana penting dalam menyebarkan pengetahuan dan nilai-nilai budaya kepada generasi muda. Melalui upaya kolaboratif ini, diharapkan tradisi Kenduri padiang dapat terus dijaga dan dilestarikan sebagai bagian dari identitas masyarakat desa Semerap di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...