Information and Communication of Technology (ICT) telah menjadi komponen penting dalam transformasi pembelajaran di dunia pendidikan yang kian maju dan berkembang. Sebagai mahasiswa calon guru di masa depan yang akan membawa perubahan pada sistem pendidikan, maka tentunya harus memperbarui dan mengikuti pengetahuan serta keterampilan dengan tuntutan zaman. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peluang pembelajaran ICT bagi mahasiswa calon guru dalam rangka meningkatkan persiapan pendidik yang profesional di era digital. Sumber data dalam tulisan ini didapatkan dengan metode penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kepustakaan (literature review), yaitu mencari sumber data yang relevan dengan topik yang dibahas kemudian dilakukan identifikasi terhadap sumber data. Setelah dilakukan analisis terhadap data-data, hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ICT bagi mahasiswa calon guru memiliki berbagai peluang, diantaranya didukung oleh biaya perangkat yang semakin terjangkau, kemudahan akses, dan cakupan internet yang meluas. Kebijakan pemerintah, termasuk pemanfaatan dana BOS dan program CSR, memberikan dukungan signifikan bagi pengadaan dan penggunaan teknologi di sekolah. Pelatihan rutin dari Pustekkom dan kerjasama dengan lembaga kursus komputer juga memperkaya kompetensi guru dalam teknologi. Selain itu, literasi digital yang meliputi literasi data, teknologi, dan manusia, memperkuat kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024