JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kecenderungan Metode, Pendekatan, Model, dan Evaluasi Pembelajaran Fisika yang Diterapkan Guru pada SMA Negeri di Sumatera Barat

Aprilia, Dilla (Unknown)
Putra, Amali (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa kecenderungan metode, pendekatan, model, dan evaluasi pembelajaran fisika yang diterapkan guru pada SMA Negeri di Sumatera Barat berdasarkan kecenderungan pembelajaran tradisional dan pembelajaran modern (pembelajaran abad 21). Penelitian ini menggunakan instrumen skala sematic differential melalui pendekatan kualitatif. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling. Kecenderungan metode dikategorikan pembelajaran agak modern sebesar 6,1. Pilihan metode dikategori metode pembelajaran ceramah. Kecenderungan pendekatan dikategorikan pembelajaran agak modern sebesar 5,9. Pilihan pendekatan dikategori pendekatan pembelajaran klasik. Kecenderungan model dikategorikan pembelajaran agak modern sebesar 5,8. Pilihan model ketegori model pembelajaran problem based learning (PBL). Kecenderungan evaluasi dikategorikan pembelajaran agak modern sebesar 6,0. Pilihan evaluasi di ketegori evaluasi pembelajaran terhadap aspek pengetahuan (kognitif), aspek sikap (karakter), aspek keterampilan (skill).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...