Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran strategi membaca inferensi dan pengaruh penggunaannya terhadap kemampuan pemahaman membaca teks narasi Bahasa Inggris di SMA 1 Wangi-wangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap, yaitu menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) yang mana peneliti berinteraksi langsung dengan siswa-siswi kelas 11 di SMA 1 Wangi-wangi, bahan data berupa angka (data Kuantitatif) dan kata/kalimat (data kualitatif). Tekni analisis data dilakukan melalui pre-test dan post-test yang terdiri dari analisis Tingkat keberhasilan siswa, uji-T sampel berpasangan menggunakan IBM SPSS versi 25, dan analisis quisioner berdasarkan Microsoft Exel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inferensi dalam membaca meningkatkan skor pemahaman membaca siswa. Hasil uji SPSS menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara situasi awal siswa, perlakuan, dan nilai akhir pasca pembelajaran. Strategi membaca inferensi berhasil mengubah kondisi awal siswa kearah hasil yang lebih baik terutama dalam hal pemahaman makna suatu kata atau kalimat dalam teks.
Copyrights © 2024