JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Putusan Hakim Nomor: 1622/Pdt.G/2023/PA.JB Terkait Hak Asuh Anak Pasca Perceraian dengan Pendekatan Psikologis dan Hukum

Ramadhanti, Aura Nasha (Unknown)
Nugraha, Agi Septia (Unknown)
Tias, Tessa Ayuning (Unknown)
Lestari, Erin Dwi (Unknown)
Siswajanthy, Farahdinny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Sengketa terkait hak dalam mengasuh anak menjadi permasalahan yang cukup pelik akibat dari terjadinya perceraian. Masing-masing dari pihak yang bercerai dirasa dirinya lebih layak serta memiliki otoritas lebih akan hal tersebut. Adanya sengketa hak dalam mengasuh anak sering kali membuat sang anak menghadapi berbagai dampak emosional dan psikologis yang dapat memengaruhi perkembangan anak secara keseluruhan. Perceraian dapat menjadi pengalaman yang sangat tidak baik bagi anak karena berada dalam kondisi keluarga yang berantakan, yang kemudian sangat perlu untuk memprioritaskan perlindungan terkait hak-hak anak, dan apabila pihak-pihak yang bersangkutan tidak melakukan apa yang menjadi putusan hakim, serta kemudian melanggar hak anak, maka suatu penjatuhan sanksi terhadap yang melanggar harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Tujuan dilakukannya penelitian yakni untuk memahami seperti apa ketentuan dalam aturan hukum tentang hak untuk mengasuh anak setelah adanya perceraian, serta pengaruh hukum bagi pihak yang belum mendapatkan hak untuk mengasuh. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu melakukan sebuah analisis literatur maupun data sekunder sebagai acuan informasi yang utama. Penelitian ini mengemukakan terkait hak-hak anak yang pada dasarnya harus menjadi prioritas utama setelah terjadinya perceraian antara kedua orang tuanya, yang sepenuhnya ada dalam peraturan Undang-Undang Perkawinan maupun Undang-Undang Perlindungan Anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...