JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Dinamika Masyarakat sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Yusnaldi, Eka (Unknown)
Napitupulu, Miftahur Roihan (Unknown)
Nst, Alya Maizura (Unknown)
Hasibuan, Elza Syaskia (Unknown)
Angrifani, Tazkirah Sabila (Unknown)
Irwan, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Proses-proses sosial dan sosialisasi dalam dinamika masyarakat dapat menjadi sumber pembelajaran yang efektif dalam pelajaran IPS. Penggunaannya memungkinkan anak-anak untuk lebih memahami dan berkompeten dalam memahami lingkungan sosial sekitarnya. Dengan memanfaatkan situasi yang nyata dalam masyarakat sebagai konteks pembelajaran, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dengan lebih baik (Tejokusomo 2014). Dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dinamika masyarakat merupakan aspek penting yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kaya akan pengalaman sosial dan proses interaksi manusia. Artikel ini menjelaskan bagaimana dinamika masyarakat dapat menjadi landasan yang relevan dan kontekstual dalam pengajaran dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Melalui peninjauan konsep dan praktik terkait, artikel ini menguraikan peran dinamika masyarakat sebagai sarana untuk memperkaya pemahaman siswa tentang struktur, fungsi, dan perubahan dalam masyarakat. Selain itu, artikel ini juga menyoroti strategi pendidikan yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan dinamika masyarakat ke dalam kurikulum ilmu pengetahuan sosial dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, penekanan pada dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial membuka peluang untuk pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dan berarti bagi siswa dalam memahami kompleksitas masyarakat modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...