Proses-proses sosial dan sosialisasi dalam dinamika masyarakat dapat menjadi sumber pembelajaran yang efektif dalam pelajaran IPS. Penggunaannya memungkinkan anak-anak untuk lebih memahami dan berkompeten dalam memahami lingkungan sosial sekitarnya. Dengan memanfaatkan situasi yang nyata dalam masyarakat sebagai konteks pembelajaran, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dengan lebih baik (Tejokusomo 2014). Dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dinamika masyarakat merupakan aspek penting yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kaya akan pengalaman sosial dan proses interaksi manusia. Artikel ini menjelaskan bagaimana dinamika masyarakat dapat menjadi landasan yang relevan dan kontekstual dalam pengajaran dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Melalui peninjauan konsep dan praktik terkait, artikel ini menguraikan peran dinamika masyarakat sebagai sarana untuk memperkaya pemahaman siswa tentang struktur, fungsi, dan perubahan dalam masyarakat. Selain itu, artikel ini juga menyoroti strategi pendidikan yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan dinamika masyarakat ke dalam kurikulum ilmu pengetahuan sosial dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, penekanan pada dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial membuka peluang untuk pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dan berarti bagi siswa dalam memahami kompleksitas masyarakat modern.
Copyrights © 2024