Penelitian ini mengeksplorasi dinamika komunikasi interaktif dalam siaran podcast, dengan fokus pada podcast pendidikan untuk anak-anak. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana interaksi antara pembuat podcast dan audiensnya berlangsung, serta dampaknya terhadap pembelajaran anak-anak. Studi ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menganalisis konten dan feedback yang diberikan oleh audiens. Metode penelitian melibatkan pengamatan mendalam terhadap beberapa episode podcast pendidikan untuk anak-anak dan analisis terhadap komentar, ulasan, dan tanggapan audiens yang terdapat di platform penyiaran podcast. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi antara pembuat podcast dan audiensnya sangat mempengaruhi tingkat keterlibatan dan pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan. Dalam konteks podcast pendidikan untuk anak-anak, interaksi tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari pertanyaan dan tanggapan langsung dari audiens, hingga partisipasi dalam aktivitas interaktif yang diselenggarakan oleh pembuat podcast. Temuan ini menyoroti pentingnya komunikasi dua arah dalam pembelajaran anak-anak melalui media podcast. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan dan memfasilitasi interaksi antara pembuat podcast dan audiensnya dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran anak-anak melalui podcast. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana dinamika komunikasi interaktif berperan dalam konteks media podcast, khususnya dalam pendidikan anak-anak.
Copyrights © 2024