JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Tari dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di RA Al – Kamal

Rambe, Aisyah Putri (Unknown)
Nasution, Dinil Arifah (Unknown)
Rismayani, Rismayani (Unknown)
Lubis, Hilda Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tari merupakan salah satu bentuk seni dan budaya yang memilki banyak manafaat bagi setiap manusia, termasuk anak usia dini salah satunya meningkatkan interaksi sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran tari dalam meningkatkan interaksi sosial anak usia dini di RA Al – kamal. Metode yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik pengumpulan penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah anak – anak usia 4- 6 Tahun yang berpartisipasi dalam kegiatan tari di RA Al – Kamal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan tari meningkatkan interaksi sosial anak, dimana anak – anak belajar untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan menghargai perbedaaan yang ada di antara teman – temannya. Tari juga membantu mengembangkan keterampilan motorik, rasa percaya diri, dan disiplin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...