Perusahaan pada umumnya mempunyai pemangku kepentingan, pemangku kepentingan yang dimiliki oleh perusahaan yang terdiri dari pemangku kepentingan internal seperti pemegang saham, manajer dan eksekutif puncak, dan karyawan, atau pihak eksternal seperti pemerintah dengan peraturannya, media dengan pemberitaannya, dan pelanggan dengan kebutuhannya. Perusahaan harus mampu menciptakan hubungan baik dengan pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal. Stakeholder eksternal merupakan unsur yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan, salah satu pemangku kepentingan eksternal utama yang harus menjadi perhatian perusahaan adalah pelanggan, tanpa pelanggan membeli produk yang ditawarkan maka perusahaan tidak dapat berjalan. Pelanggan adalah raja yang mempunyai keputusan dalam memilih apa yang diinginkan. Pelanggan merupakan incaran setiap perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan menguasai pasar, segala upaya terbaik dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, dengan terciptanya hubungan yang baik maka akan tercipta citra perusahaan yang baik.
Copyrights © 2024