JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Antarbudaya: Tantangan dan Solusi

Salwa, Hannyfa Amira (Unknown)
Lubis, Nurul Fadilah (Unknown)
Damanik, Novry Ria Wani (Unknown)
Tanjung, Sahira Mutiara (Unknown)
Jannah, Sri Rizky Raudatul (Unknown)
Lubis, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penggunaan bahasa gaul mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa gaul antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peran media elektronik dan cetak dalam mempopulerkan istilah gaul. Selain itu, penelitian ini juga mencoba untuk memahami bagaimana penggunaan bahasa gaul mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia. Bahasa gaul dapat menjadi alternatif bagi penggunaan bahasa Indonesia, terutama dalam situasi santai atau informal. Namun, penggunaan bahasa gaul secara terus-menerus dapat menyebabkan generasi enggan memakai kosa kata yang baku serta bahasa yang baik dan benar. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan media wawancara dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Penelitian ini membantu dalam memahami bagaimana bahasa berubah seiring waktu dan bagaimana pengaruh sosial, budaya, dan teknologi dapat mempengaruhi penggunaan bahasa. Dengan demikian, penelitian tentang penggunaan bahasa gaul di kehidupan sehari-hari sangat penting untuk memahami perubahan sosial, budaya, dan nilai-nilai masyarakat, serta bagaimana bahasa gaul mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...