Mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa saat pembelajaran bangun datar, terutama bagian mencari luas bangun datar dan keliling bangun datar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dan metode literatur. Penelitian metode kualitatif adalah metode yang menitikberatkan pada pengamatan secara mendetail, sehingga mengarah pada kajian yang lebih komprehensif terhadap suatu fenomena. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa siswa terkendala terkait memahami suatu soal. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerapkan konsep dan prinsip pembelajaran matermatika dalam mengasah kemampuan siswa yang sesuai pada permasalahan yang disajikan. Selain itu, siswa juga perlu dilatih untuk memahami konteks soal yang disajikan dan cara menginterpretasikan bentuk soal yang disajikan. Dalam penelitian ini, kita juga menemukan bahwasannya sangat penting penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif guna meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar. Media pembelajaran multimedia interaktif mampu membantu siswa memahami konsep geometri bidang secara lebih efektif dengan cara yang lebih interaktif dan menarik.
Copyrights © 2024