JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis, psikolingustik bahasa Analisis Kesalahan Berbahasa Penggunaan Media Sosial Pada Anak Gen Z : Kajian Psikolinguistik

Inayah, Siti Inayah (Unknown)
Salwa, Rima Rahma Laila (Unknown)
Tisnasari, Sundawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh anak-anak Gen Z dalam penggunaan media sosial melalui pendekatan psikolinguistik. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam terhadap anak-anak Gen Z yang aktif menggunakan media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang paling umum meliputi penggunaan kata yang tidak baku, struktur kalimat yang tidak tepat, dan kesalahan ejaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa ini termasuk kurangnya pemahaman terhadap kaidah bahasa baku, pengaruh bahasa gaul, serta interaksi dengan pengguna lain yang juga melakukan kesalahan serupa. Dari sudut pandang psikolinguistik, kesalahan-kesalahan ini dapat dihubungkan dengan proses kognitif dan perkembangan bahasa pada anak-anak tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua untuk lebih memahami dinamika berbahasa anak-anak di era digital dan menyusun strategi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...