JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pemanasan Global untuk Memfasilitasi Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa

Fitria Selviani (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuvita Oktarisa (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rudi Haryadi (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menguji tingkat kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) materi pemanasan global yang dibuat guna memfasilitasi keterampilan pemecahan masalah siswa. E-modul berbentuk flipbook dibuat menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development melalui model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan diantarannya analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa lembar uji kelayakan produk serta lembar respon siswa dan guru. Hasil penelitian melalui uji kelayakan yang dilakukan oleh tiga ahli mateti dan media dinyatakan sangat valid dengan memperoleh presentase sebesar 92%. Berdasarkan hasil respon siswa dan guru masing-masing memperoleh presentase sebesar 81% dan 85% dengan kategori keduannya sangat baik. simpulan pada penelitian ini berdasarkan hasil mengidentifikasikan bahwa e-modul tersebut sangat layak dipergunakan sebagai bahan ajar dan didapat diimplementasikan secara luas dilapangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...