JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Bela Diri Kata: Strategi Inovatif Dalam Memerangi Bullying Verbal Di Sekolah Menengah Pertama

Hamdani, Hamzah (Unknown)
Ahmadi, Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying verbal, faktor penyebab, dan strategi dalam memerangi bullying verbal yang ada di Sekolah Menengah Pertama. Hasil studi menunjukkan bahwa bullying verbal dapat berwujud dalam berbagai bentuk, antara lain ejekan, hinaan, ancaman, dan penyebaran rumor. Faktor penyebabnya meliputi masalah psikologis pelaku, dinamika kelompok, serta lingkungan yang permisif terhadap perilaku bullying verbal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi dan wawancara. Hasil temuan data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penerapan strategi inovatif ini mampu memerangi bullying verbal dan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif serta memungkinkan peserta didik menjadi bijak dalam kaitannya dengan mengontrol kondisi sosial-emosional dalam bertutur kata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...