JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SDN Bugangan 03

Dian Fauzia Utami (Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Universitas PGRI Semarang)
Intan Octavira Pitarti (SDN Bugangan 03, Kota Semarang)
Mudzanatun Mudzanatun (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II di SDN Bugangan 03. Wordwall merupakan media pembelajaran berbasis aplikasi web yang menyediakan berbagai permainan edukatif. Jenis metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah metode penelitian untuk mendapatkan data sesuai fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian meliputi lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall membantu siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Indonesia secara lebih menyenangkan dan menarik. Namun, dalam penggunaan aplikasi Wordwall membutuhkan koneksi internet yang memadai. Dengan demikian, dalam penggunaan media pembelajaran wordwall terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendidik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...