JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Bagi Minat dan Perkembangan Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Dukupuntang

Wahyuningsih, Asih (Unknown)
Faiz, Aiman (Unknown)
Dendra, M. (Unknown)
Pramana, Rifki (Unknown)
Tamami, Shokhibul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Game online merupakan wujud dari kemajuan teknologi. Namun, seiring dengan perkembanganya, keterlibatan dalam permainan menimbulkan dampak yang beragam terhadaap perkembangan beajar siswa dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak negatif bagi siswa sekolah dasar. Metode ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang terlibat yaitu 5 orang siswa dan 1 orang guru kelas VI SDN 2 Dukupuntang. Metode pengumpulan data adalah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengenai analisis dampak negatif kecanduan game online bagi minat dan perkembangan belajar siswa di kelas VI SDN 2 Dukupuntang: Hasil penelitian menujukan beberapa dampak negatif, 1) Menganggu pola tidur siswa, seringkali siswa bermain game online hinga larut malam, 2) Menyebabkan lupa waktu, mereka asik bermain game sampai mereka melalaikan terhadap waktu, 3) Membahayakan kesehatan siswa,4) Menyebabkan siswa untuk sulit bersosialisasi dengan teman sebayanya, 5) Menggangu konsentrasi siswa saat sesi pembelajaran di sekolah, 6) Menyebabkan penurunan nilai belajar akademik, 7) Menimbulkan sifat pemboros uang. Maka dapat disimpulkannya adalah siswa yang kecanduan game online memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap akademik siswa dan holistik siswa kecanduan game online dikalangan anak sekolah dasar dapat menghambat perkembangan,dan minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...