JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Media Bahan Alam P Anak Kelompok A di PAUD Ebenhaezer Limalas

Anike Lauretha Maspaitella (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Yolan Marjuk (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Adinda Shofia (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih terlihat kurang bervariasi dan menarik. Kegiatan yang dilakukan masih terlalu pasif, sehingga proses menstimulasi kemampuan kognitif anak belum berkembang, guru kurang kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan media yang ada di lingkungan sekitar. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A di PAUD Ebenhaezer Limalas Dengan Menggunakan Media Bahan Alam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pra tindakan diperoleh anak yang Belum berkebangan berjumlah 11 anak atau 73%, Pada siklus I pada pertemuan pertama BSB 7 anak atau 47% pada pertemuan kedua BSB 9 anak atau 60%, Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada siklus II pertemuan pertama BSB 11 anak atau 73% pada pertemuan kedua 14 anak atau 93%. Dapat disimpulkan bahwa bahan alam kulit kerang dapat Meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok A di PAUD ebenhaezer limalas Kab Raja Ampat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...