JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Proses Perubahan Penggunaan Lahan Sawah Menjadi Lahan Terbangun Kota Padang Panjang

Rauf Diratama, Fahrul (Unknown)
Ahyuni, Ahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Berapa luas perubahan lahan sawah ke lahan terbangun di Kota Padang Panjang 2) Proses perubahan lahan sawah menjadi lahan terbangun Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan penelitian Mixed Methods. Data skunder yang digunakan yaitu citra SPOT Tahun 2013,2018 & 2022 dengan menggunakan teknik digitasi, overlay, uji akurasi dengan menggunakan aplikasi ArcGIS 10.8 untuk melihat perubahan lahan sawah menjadi lahan terbangun dan data primer didapatkan dari hasil lapangan dengan melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Luas perubahan lahan sawah 2013 ke lahan terbangun 2022 diketahui lahan sawah mengalami penurunan sebesar 82,81 sekitar 3,49 % dan lahan terbangun bertambah 65,42 atau bertambah 2,79% % dari luas wilayah, sehingga luasnya perubahan lahan sawah ke lahan terbangun yaitu 27,09 ha. Perubahan terbesar terjadi di Kota Padang Panjang Timur 19,88 ha sedangkan Padang Panjang Barat dengan luas 7,21 ha . 2) Proses Perubahan lahan sawah disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk di Kota Padang Panjang. Hal ini tentu berdampak terhadap meningkatnya kebutuhan tempat tinggal. Selain itu adanya tuntutan ekonomi, sosial, dan lingkungan juga mendorong terjadinya perubahan lahan sawah menjadi lahan terbangun. Bentuk perubahan yang terjadi diantaranya perumahan, warung, sekolah, serta insfrastruktur pemerintahan dan fasilitas kesehatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...