JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas Permainan Monopolly Zoo terhadap Kecerdasan Kinestetik pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP

Wella Yolanda (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, iUniversitas Negeri Padang)
Dadan Suryana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kecerdasan kinestetik anak, dan alat permainan dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-kanak kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Permainan Monopolly Zoo terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini di TK Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 sebagai kelas eksperimen di TK Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan dan tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas untuk menentukan apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk menguji apakah data tersebut homogen. Langkah selanjutnya adalah mengukur apakah ada pengaruh signifikan permainan monopolly zoo terhadap kecerdasan kinestetik pada anak usia dini, maka dilakukan uji hipotesis dan uji effect size. Pada uji hipotesis diperoleh nilai Sig sebesar 0,003 dan 0,005 yang berarti nilai signifikan atau berpengaruh, dan uji effect size diperoleh nilai 1,29 yang berarti memiliki pengaruh yang kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopolly zoo efektif terhadap kecerdasan kinestetik anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...