JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implmentasi Model Problem Based Learning dan Number Head Together dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar

Rifqi, Muhammad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kerjasama siswa. Penyebabnya adalah pembelajaran bersifat satu arah dan pembelajaran bersifat individu. Hal ini berdampak pada saat pembelajaran siswa menjadi kurang mampu bekerjasama dalam memecahkan permasalah. Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning dan Number Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kerjasama siswa. Penelitian ini menggunakan dua macam pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian disini adalah siswa kelas V SDN Telawang 4, yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kerjasama disetiap pertemuannya hingga mencapai persentase 90% dengan kategori seluruh siswa bekerjasama. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Number Head Together dapat meningkatkan kerjasama siswa. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kerjasama siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...