JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Minat Mahasiswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar

Zalukhu, Nofiber Mariance (Unknown)
Telaumbanua, Nening Rosline (Unknown)
Halawa, Asrining Mei Christin (Unknown)
Harefa, Noveri Amal Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar oleh mahasiswa di Universitas Nias. Menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner, penelitian ini melibatkan 17 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar masih sangat rendah, dengan rata-rata skor 2,63. Faktor internal seperti rendahnya minat literasi dan kurangnya buku-buku terbaru menjadi hambatan utama. Rekomendasi dari mahasiswa mencakup penambahan koleksi buku baru untuk meningkatkan minat dalam menggunakan perpustakaan sebagai sumber referensi utama. Penelitian ini menekankan pentingnya perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran dan pengembangan diri mahasiswa, serta perlunya upaya peningkatan layanan dan koleksi perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan referensi mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...