JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Nuricahyati, Wendy Febia (Unknown)
Hima, Lina Rihatul (Unknown)
Santia, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada siswa Sekolah Dasar (SD) Katolik Frateran II Kota Kediri ditinjau dari kemampuan numerasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa dari kelas V. Data dikumpulkan menggunakan tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa SD Katolik Frateran II Kota Kediri berada pada tingkat yang cukup baik, Faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah tersebut antara lain kurangnya latihan dalam memecahkan masalah soal cerita dan kurangnya pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah memberikan perhatian lebih pada pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, khususnya dalam konteks cerita, melalui berbagai metode pembelajaran yang menarik dan memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...