JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integratif Reading and Compotition dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 014 Kepenuhan

Yani, Rika (Unknown)
Rejeki, Rejeki (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperatif integratif reading and compotition pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata nilai siswa yaitu 68,89, kemudian pada pertemuan II dengan nilai rata-rata yaitu 77,04. Pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata siswa yaitu 84,07, dan pada pertemuan II nilai rata-rata siswa yaitu 88,52. Disamping hasil belajar siswa yang meningkat lembar observasi siswa juga meningkat. Pada siklus I pertemuan I observasi siswa sebesar 60%, kemudian pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 73%. Pada siklus II pertemuan I lembar observasi kemampuan siswa masih meningkat menjadi 80%, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 93%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif integratif reading and compotition dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 014 Kepenuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...