JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Konsep Ilmu Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Era Society 5.0

Dian Amirul Muminin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Ahmad Robayt Alfauzi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Imron Rossidy (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Ibnu Sina merupakan salah satu filosofis Islam, beliau memiliki pemikiran filosofis yang memiliki relevansi dalam upaya mengatasi krisis dalam pendidikan Islam di era society 5.0. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji relevansi pemikiran filosofis Ibnu Sina dalam konteks pendidikan Islam di era society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pengumpulan data dilakukan melalui dua sumber, sumber primer yang digunakan adalah dasar filosofis serta teologis pada kitab As-Syifa’. Adapun sumber sekunder berupa buku, jurnal ilmiah, dokumen dan lainnya yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ibnu Sina membagi ilmu menjadi dua kategori, yaitu ilmu teoritis dan ilmu praktik. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan pemikiran Ibnu Sina yang bersifat holistik dan terintegrasi relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam di era society 5.0. Dengan demikian, pandangan filosofis Ibnu Sina dapat membantu meningkatkan pendidikan Islam modern, mempersiapkan generasi muda guna menghadapi tantangan global serta membangun karakter yang baik di era society 5.0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...