JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar antara Mahasiswa Atlet dan Non Atlet Prodi S1 Pendidikan, Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Angkatan 2020

Faiza, Anizatul Nur (Unknown)
Priambodo, Anung (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Motivasi berprestasi mempunyai peranan penting bagi keberlangsungan dan mendorong mahasiswa untuk selalu meningkatkan yang telah menjadi tujuan. Hasil belajar sangat penting untuk mengetahui kemampuan seseorang berkembang selama proses belajar mengajar dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif, dan desain penelitian menggunakan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah angkatan 2020 yang berjumlah empat kelas A, B, C, dan D, dengan total data yang diperoleh sebanyak 86 siswa yang terdiri dari 30 siswa atlet dan 56 siswa non atlet. Instrumen yang digunakan ada dua, yaitu skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi berprestasi Prodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2020. Pada hasil belajar semester 6 dan semester 7 tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa atlet dan non atlet.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...