JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Implementasi Balanced Scorecard untuk Pengukuran dan Peningkatan Kinerja dalam Organisasi Lembaga Pendidikan

Sobari, Sobari (Unknown)
Rifai, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengadopsi pendekatan Balanced Scorecard (BSC) sebagai kerangka untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BSC efektif dalam mengintegrasikan pengukuran kinerja ke dalam sistem manajemen strategis, yang memberikan pandangan holistik tentang kinerja organisasi dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Implementasi BSC di lembaga pendidikan berhasil meningkatkan kualitas layanan pendidikan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi proses internal. Kesimpulannya, Balanced Scorecard terbukti sebagai alat manajemen strategis yang komprehensif dan efektif dalam membantu lembaga pendidikan mencapai tujuan mereka secara efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...