Pembelajaran matematika yang masih belum terlaksana dengan baik membuat pemahaman konsep perkalian siswa kurang maksimal, maka dibutuhkan media pembelajaran. Media yang digunakan yaitu Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) berbasis digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Takalintar digital terhadap pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 62 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) berbasis digital terhadap pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika di SDN Pakis V Surabaya.
Copyrights © 2024