JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pilihan Kode dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak

Khoiriyah, Alfi (Unknown)
Afrizal, Mohamad (Unknown)
Mijanti, Yerry (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Keanekaragaman bahasa menjelaskan bahwa kode adalah sistem ekspresi yang memiliki karakteristik sesuai dengan latar belakang hubungan antara penutur dan lawan bicara,serta situasi tertentu. Kode juga bisa diartikan sebagai lambang atau sistem ekspresi yang digunakan untuk menyampaikan makna khusus, seperti bahasa manusia yang merupakan salah satu jenis kode. Ini juga merujuk pada sistem bahasa dalam suatu komunitas serta variasi tertentu dalam bahasa. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian sosiolinguistik. Kode-kode tuturan yang tersedia pada kegiatan belajar megajar di TK Theobroma II Klatakan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Madura. Pola pilihan penggunaan kode-kode tuturan tersebut berupa pola percakapan di ruang kelas,menyanyi, berdoa, dan olahraga. Saat kegiatan percakapan kode yang digunakan yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Saat kegiatan menyanyi kode yang digunakan yaitu campur kode.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...