JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Bimbingan Konseling dan Pengelolaan Emosi Anak di Sekolah Dasar Al-Muttaqin

Kurnia, Ira Restu (Unknown)
Damayanti, Alvina (Unknown)
Rossi, Alya Rasikhah Zahra (Unknown)
Sekarwangi, Dinda Putri (Unknown)
Habibah, Habibah (Unknown)
Khopipah, Khopipah (Unknown)
Wibiwirutami, Trias (Unknown)
Khoerunnissa, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling dan pengelolaan emosi anak di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pengambilan jurnal atau buku, observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling di sekolah dasar dilaksanakan oleh guru atau wali kelas dengan memberikan layanan konseling individual, kelompok, dan klasikal. Materi bimbingan konseling mencakup aspek pribadi, sosial dan belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar. Pengelolaan emosi anak dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, dan pemberian motivasi oleh guru. Sekolah juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk membantu anak mengelola emosinya. Secara keseluruhan, bimbingan konseling dan pengelolaan emosi anak di sekolah dasar telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...