JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Transformasi Arja ke dalam Wayang Kulit Arja Lakon Citta Kelangen Dalang I Made Sidja

Danaswara, I Putu Gede Budhi (Unknown)
Sedana, I Nyoman (Unknown)
Sudarta, I Gusti Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengangkat pokok masalah yaitu : 1) Bagaimana transformasi arja ke dalam wayang kulit arja lakon Citta Kelangen Dalang I Made Sidja ?. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga teori yaitu teori transformasi. secara umum, penelitian ini bertujuan : 1) Mendapatkan informasi yang jelas tentang tranformasi arja ke dalam wayang kulit arja lakon Citta Kelangen Dalang I Made Sidja ; 2) Menyuguhkan lakon Citta Kelangen yang dibawakan Dalang I Made Sidja mengandung unsur kreativitas yang tinggi, kawi dalang, makna serta sangat lengkap dalam struktur dramatik lakon ; 3) Memaparkan pertunjukan wayang kulit arja lakon Citta Kelangen Dalang I Made Sidja sebagai pengetahuan sehingga diketahui oleh praktisi pewayangan dan masyarakat luas pada saat ini hingga masa yang akan datang.Metode-metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Seluruh data diolah menggunakan teknik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam : 1) transformasi arja ke dalam wayang kulit arja lakon Citta Kelangen Dalang I Made Sidja adalah -tranformasi tata rias wajah pemain arja ke dalam wajah wayang kulit arja ; -tranformasi busana penari arja ke dalam bentuk busana wayang kulit arja ; -tranformasi gerak tari penari arja ke dalam tatikesan wayang kulit arja ; -tranformasi suara vocal penari arja ke dalam suara vocal I Made Sidja sebagai dalang wayang kulit arja ; dan -bentuk penyajian arja ke dalam wayang kulit arja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...