JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 5 Kota Jambi

Munandar, Aris (Unknown)
Ramadhani, Salwaika Fidela (Unknown)
Ramadhan, M. Alfath Rizqy (Unknown)
Darmawan, Haditya (Unknown)
Hamidah, Nur (Unknown)
Silviani, Annisa (Unknown)
Indah, Minarti (Unknown)
Thoriq, M. (Unknown)
Jannah, Nur Latil (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku seseorang melalui pengajaran dan pelatihan sehingga menjadi lebih dewasa. Seorang guru atau learning designer perlu menguasai 2-5 model desain pembelajaran. Oleh karena itu, dikenal beberapa desain pembelajaran yang salah-satunya bersifat instruksional. Dalam hal ini perlu diketahui tentang model generik dari suatu sistem desain pembelajaran, salah satunya model generik ADDIE. Model tersebut akan dikaitkan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Peneliti melakukan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus di MTs Negeri 5 Kota Jambi. Pada tulisan ini peneliti menemukan bahwa ADDIE ini merupakan model generik yang dapat diterapkan dalam pendidikan. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan pembelajaran Aqidah Akhlak model ADDIE yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak MTs Negeri 5 Kota Jambi. ADDIE sendiri merupakan akronim dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation yang dapat diterapkan secara prosedural, siklikal dan integratif. Pendekatan yang dilakukan peneliti menggunakan ADDIE prosedural yang menuntut guru untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan urutan. Pembelajaran Aqidah Akhlak dapat diketahui progres dan pembelajaran dapat tervalidasi dengan baik karena adanya langkah-langkah yang tersusun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...