Implementasi program kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari sebagai bagian dari strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di wilayah tersebut, telah menjadi fokus utama dalam upaya transformasi pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap efektivitas program tersebut dalam meningkatkan kualitas dan memperbaiki fasilitas fisik serta non-fisik madrasah. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan serangkaian wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, sekaligus melakukan pengamatan langsung di madrasah yang telah menerapkan program ini. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kebijakan Kementerian Agama telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan standar sarana prasarana madrasah. Hal ini tercermin dalam peningkatan ketersediaan fasilitas pembelajaran yang lebih modern dan lengkap, peningkatan sarana olahraga yang memadai, serta peningkatan akses terhadap perpustakaan dan laboratorium. Walaupun demikian, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan pemeliharaan fasilitas masih menjadi kendala yang perlu ditangani. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program kebijakan ini telah memberikan sumbangan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Kabupaten Batang Hari. Meskipun demikian, untuk mencapai hasil yang optimal, diperlukan upaya lanjutan dalam mengatasi berbagai tantangan yang masih dihadapi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan strategi yang lebih komprehensif serta penyesuaian yang tepat guna untuk memastikan tercapainya tujuan peningkatan mutu pendidikan Islam di daerah tersebut.
Copyrights © 2024