Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan kreativitas peserta didik disebabkan karena kurang bertanya peserta didik, tidak ada inisiatif untuk membantu teman saat berdiskusi, tidak ada umpan balik peserta didik saat diskusi berlangsung serta tidak ada yang menyangga hasil dari diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis data tentang perbandingan kreativitas peserta didik melalui P5 di SMA N Kabupaten Pelalawan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik fase E di SMA N 1 Bunut yang berjumlah 153 orang dan SMA N 2 Bunut 30 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling proporsi 10%, dimana peserta didik dari diseluruh populasi diambil secara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, yang dimana penelitian ini mengunakan uji coba angket menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk menentukan uji valid atau reliabel suatu angket. Untuk analisis data menggunakan uji deskriptif, dan inferensial. Dalam penelitian ini terdapat perbedaan kreativitas peserta didik melalui P5 dengan nilai t hitung sebesar =6,960 dan nilai sig sebesar 0,000 < a 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kreativitas peserta didik berdasarkan tema P5 yang berbeda. Di SMA N 1 Bunut terdapat kreativitas peserta didik dengan menggunakan tema P5 gaya hidup berkelanjutan rata- rata 82% dikategorikan tinggi. Selanjutnya, di SMA N 2 Bunut menggunakan tema P5 kearifan lokal dengan rata-rata 72,31% dikategorikan tinggi.
Copyrights © 2024