LOKABASA
Vol 14, No 2 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Media Pembelajaran YouTube terhadap Hasil Menyimak Paguneman di MTs Nurul Falah Durajaya Kelas VII

Astori, Cita Fortuna Rosyadi (Unknown)
Ropiah, Opah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap hasil menyimak paguneman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttets. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, dan uji t sampel berpasangan. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Falah Durajaya dengan sampel 30 siswa kelas VII A. Hasilnya: 1) hasil belajar siswa dalam menyimak paguneman sebelum menggunakan media pembelajaran YouTube masih jauh dari KKM (Kriteria Ketentuan Minimal) dengan nilai rata-rata 49,33; 2) hasil belajar siswa dalam menyimak paguneman setelah menggunakan media pembelajaran YouTube mengalami peningkatan sesuai dengan KKM (Kriteria Kecukupan Minimal) dengan nilai rata-rata 76,67; 3) adanya pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap hasil menyimak paguneman di MTs Nurul Falah Durajaya Kelas VII. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran YouTube terhadap hasil menyimak paguneman.

Copyrights © 2023