JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran IPAS Kelas V

Sakinah, Sakinah (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)
Selunawati, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada saat PPL 1 untuk menganalisis asesmen dalam pembelajaran. Saat ini pembelajaran di sekolah masih menggunakan penyampaian materi yang dijelaskan oleh guru secara langsung. Dalam proses pembelajaran, guru belum mengetahui gaya belajar siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis asesmen diagnostic non kognitif pembelajaran berdiferensiasi kelas V SD Negeri P alebon 01 Kota Semarang yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada siswa untuk mendapatkan hasil gaya belajar siswa. Penelitian ini memperoleh hasil data bahwa siswa kelas VA SD Negeri Palebon 01 memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar visual menunjukkan 14 siswa, gaya belajar auditori menunjukkan 8 siswa, dan gaya belajar kinestetik menunjukkan 6 siswa. Dalam proses pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan gaya belajar, membuat antusias siswa dalam mengeksplorasi materi Pelajaran, hal ini mampu meningkatkan potensi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...