JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Mindfulness Journal untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Santri Pondok Pesantren Thoyyib Fatah Surabaya

Intan Nur Firdaus (Universitas Negeri Surabaya)
Ari Khusumadewi (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penerimaan diri merupakan aspek penting dalam kesejahteraan psikologis yang dibutuhkan semua individu, termasuk santri pondok pesantren, karena penerimaan diri yang rendah dapat menghambat aktualisasi diri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media Mindfulness Journal yang dinilai berdasarkan akseptabilitas, mencakup kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall, dibatasi hingga tahap kelima. Hasil uji coba awal menunjukkan bahwa media ini memperoleh skor akseptabilitas 84% dari ahli materi, 86% dari ahli media, dan 87% dari lima calon pengguna. Kesimpulannya, Mindfulness Journal memenuhi kriteria akseptabilitas dengan penilaian layak untuk pengembangan lebih lanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...