JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Studi Literature: Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Fitri, Septi Bunal (Unknown)
Lestari, Mega (Unknown)
Sudarno, Sudarno (Unknown)
Priyono, Priyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Manajemen kepala sekolah adalah cara kepala sekolah dalam mengatur serta melakukan koordinasi dengan bahawannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk merewiuw manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dari tahun 2015-2024. Metode yang digunakan adalah sistematik literature review dengan menggunakan Publish or Perish untuk mengumpulkan artikel dengan memasukan kata kunci manajemen kepemimpinan kepala sekolah. Hasil reviuw menunjukan bahwa 10 artikel tekah direviuw dari tahun 2015-2024 didapat informasi bahwa dalam penelitian-penelitian di atas dengan rentang waktu 2015-2024 dapat dilihat bahwa rata-rata peneliti menggunakaan metode kualitiatif dengan pendekataan deskriptif untuk melihat kepemimpinan kepala sekolah. Berdasarkan hasil yang di dapat terlihat bahwa untuk kepemimpinan kepala sekolah menerapkan beberapa gaya kepemimpinan seperti (1) gaya kepemimpinan instruktif (telling) dalam meningkatkan kedisiplinan, (2) kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan konsultatif (selling) dalam meningkatkan motivasi kerja guru, (3) kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan delegatif (delegating) dalam meningkatkan tanggung jawab guru. Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, disarankan agar kepada kepala sekolah dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang lebih baik atau bervariasi agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik dan maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...